Rabu, 23 April 2008

Tempramen

Tempramen adalah kombinasi pembawaan yang kita warisi dari orang tua kita.

1. Tempramen adalah kombinasi pembawaan sejak lahir yang tanpa sadar mempengaruhi tingkah laku manusia. Pembawaan ini dibentuk secara genetic berdasarkan kebangsaan, ras, seks dan faktor-faktor turunan lainnya. Pembawaan ini diwariskan melalui gen. Beberapa psikolog mengatakan bahwa gen kita lebih banyak berasal dari kakek nenek kita daripada orang tua kita. Itulah sebabnya beberapa anak lebih mirip dengan kakek nenek mereka daripada orang tua mereka.

2. Tempramen diwariskan secara genetis dan tidak diragukan bahwa tempramen dipengaruhi oleh kejatuhan Adam. Itu sebabnya manusia ingin selalu berbuat baik sementara pada saat yang sama kita melakukan perbuatan jahat (Roma 7:18-20).

3. Tempramen seseorang yang menjadikan ia ramah tamah /ekstrovert atau pemalu/introvert.

4. Tempramen adalah kombinasi pembawaan yang kita miliki sejak lahir sedangkan karakter adalah tempramen kita yang telah dibudayakan.

5. Tempramen adalah wajah yang kita perlihatkan kepada orang lain.

Tempramen pada manusia berbeda-beda dan tidak ada manusia yang 100% memiliki hanya satu tempramen. Biasanya tempramen kita adalah kombinasi sekurang-kurangnya dua atau tiga tempramen (Contoh saya seorang yang memiliki tempramen sanguin dan kolerik).

6. Tempramen penting dipelajari bukan untuk menghakimi tetapi untuk memaksimalkan potensi seseorang dan memakainya untuk memaksimalkan potensi orang lain.

Tidak ada komentar: