Kamis, 24 April 2008

Bebas dari Kekuatiran

Khawatir: Takut (gelisah, cemas) terhadap sesuatu yang belum diketahui dengan pasti. Kekhawatiran adalah perasaan khawatir atau ketakutan.

A. Hal yang kita alami bila Tuhan menjadi gembala:

Kita tidak akan kekurangan

TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku. (Mazmur 23:1)

B. Hidup bebas dari kekuatiran.

Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang (Mazmur 23:2)

Domba hanya akan berbaring bila tidak merasa kuatir:

1. Mereka bebas dari rasa takut

2. Mereka tidak kelaparan dan kehausan

3. Tidak ada ketegangan diantara kawanan domba

(Phillip Keller seorang hamba Tuhan dan peternak domba di Afrika Timur)

C. Hal yang dapat kita harapkan dari Sang Gembala:

1. Perlindungan-Nya

2. Pemeliharaan-Nya

3. Tuntunan-Nya

D. Hal yang perlu kita lakukan untuk mengalami berkat-Nya

1. Terima Yesus sebagai Tuhan

Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-KU mengenal Aku. Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku. (Yohanes 10:14,27)

2. Percaya bahwa Tuhan akan memelihara hidup kita

Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu. (1 Petrus 5:7)

3. Serahkan segala kekuatiran kepada Tuhan

“Karena itu Aku berkata kepadamu: janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan jangan kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian? Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu?” (Matius 6:25-26).

Tidak ada komentar: